Beberapa Macam PHOBIA Yang Berhubungan Dengan TEKNOLOGI




Phobia? Ada yang tau phobia tuh apa? Bagi yang belum tau nih gue kasih tau, phobia itu adalah penyakit ketakutan terhadap suatu hal. Ternyata phobia itu banyak jenisnya lho, dan bahkan ada yang unik dan aneh juga. Yang paling sering gue denger si phobia kucing, phobia ketinggian, phobia aer, phobia mantan eh. Penyebab phobia ini biasanya karna trauma dan gak mau hal itu terulang lagi. Trus kalian pernah denger belum phobia yang berhubungan sama teknologi? Udah? Kalo udah nih gue ingetin lagi, kalo yang belum yaa ini gue kasih tau. Ada ada aja ya.. tapi emang bener ada ko.

Nih gue kasih tau

1. Technopobia

Dari namanya juga udah bisa ditebak dong kalo ini phobia apa? yap technophobia itu takut sama yang namanya teknologi. Ko bisa ya? Entahlah. Phobia ini adalah ketakutan yang berlebihan sama efek dari teknologi gitu deh. Awalnya phobia jenis ini di sebabkan sama revolusi industri gitu. Jadi pada zaman dahulu. pabrik pabrik kan masih manual pake tenaga manusia, nah setelah adanya revolusi, lambat laun tenaga manusia mulai tersingkir sama teknologi yang bisa memanjakan kalian.Phobia ini muncul dari zaman revolusi sampe sekarang. Orang yang takut or cemas kalo ada di lingkungan yang berteknologi bisa di sebut technophobia.
Phobia jenis ini bisa dianggep bahaya karna phobia ini takut sama semua teknologi. Jadi orang yang ngalamin ini lebih suka ngelakuin sesuatu secara manual atau tradisional, lah padahal kan teknologi diciptain buat ngebantu aktifitas manusia. Ga bisa bayangin deh kalo si pengidap phobia ini hidup dengan prinsip anti teknologi, kan repot nantinya.



2. Selfiephobia

Siapa nih yang suka selfie? Mungkin sebgaian besar orang suka selfie apalagi di zaman now yakan? Padahal zaman now itu lagi marak maraknya selfie, dikit dikit selfie, upload upload, cantik dikit cekrek ganteng dikit cekrek. Apalagi sekarang selfie udah di dukung sama kamera kamera canggih, trus alat pendukung juga kaya tongsis, fisheye, superwide dan masih banyak lagi deh. Awas keseringan selfie nanti bisa ngidap selfiephobia lho hehe. Kebalikan sama orang orang yang suka selfie, selfiephobia ini malah takut kalo harus selfie alias foto dirinya sendiri. Mungkin penyebab selfiephobia itu selalu nganggap dirinya keliatan jelek di kamera atau bahlan takut fotonya disalahgunain sama orang orang yang ga bertanggung jawab, jadinya bikin si pengidap kurang pede kalo harus selfie. Nah orang yang ngidap ketakutan kalo selfie ini disebut selfiephobia. Wah ribet juga ya kalo harus di foto buat identitas. Semoga kalian jangan bukan termasuk yaa hehe.



3. No Mobile Phone Phobia (Nomophobia)

Nomophobia kependekan dari kata Nomo yang berarti No Mobile atau tanpa handphone dan kata phobia yang berarti takut dan kalo di gabung itu ketakutan tanpa handphone. No Mobile Phone Phobia atau sering disebut Nomophobia adalah ketakutan kalo kemana mana ga bawa handphone, ga bisa jauh dari handphone, atau bahkan takut ga punya handphone, pokoknya ga mau lepas dari handphone. Selain itu penderitanya juga takut kalo  ga ada sinyal, takut abis batre, takut ga update kalo ga pegang handphone. Seiring berkembangnya zaman emang keliatan semuanya tergantung sama handphone, tapi jangan sampe ketergantungan ya nanti bisa bisa kena phobia ini. 






4. Telephonophobia

Phobia ini bukan berarti takut sama telepon ya, spesifiknya telephonophobia ini yaitu takut kalo ngangkat atau ngejawab telfon, bahkan denger suara telfon masuk aja udah kelabakan ketakutan, bisa panik bahkan sesek nafas, bisa jadi handphonenya bakal dijauhi atau di banting. Phobia jenis ini banyak dialami sama orang orang yang banyak utangnya dan ngerasa panik kalo ditagih utangnya lewat telfon, atau bahkan yang kena telfon teror sama mantan.
Phobia ini hampir mirip sama glossophobia, yaitu rasa takut kalo ngomong di depan publik.


5. Cyberphobia

Cyberphobia adalah ketakutan sama semua hal yang berhubungan sama komputer. Ko bisa? Aneh ya? Iya emang dari point point sebelumnya juga phobianya aneh aneh. Tapi ternyata ada juga yang ngidap penyakit Cyberphobia ini. Pengidapnya bakalan takut kalo ketemu atau make komputer. Orang yang ngidap phobia jenis ini biasanya  orang orang yang anti teknologi dan lebih milih ngehindar atau ngejauh dari apa aja yang berhubungan sama komputer.
Padahal kan zaman sekarang banyak hal yang berkaitan sama komputer, jangan sampe kita kena phobia jenis ini ya, brabe soalnya ngga seimbang sama zaman.



Gimana?? Aneh aneh kan jenis phobianya?

Jangan sampe kalian kena salah satu di antara phobia phobia tadi ya!
Makannya ayo share ke temen temen supaya mereka tau  ^-^ 


EmoticonEmoticon