Beberapa FAKTA Menarik Seputar HANDPHONE






 Balik lagi nih seputar handphone. Kalian masih pake handphone dong? Yakan? Bahkan kalian lagi baca ini juga lagi pake handphone kan hehe cie. Atau bahkan ada juga yang ngelak, “ngga ye gue baca ini di PC”, Tuh tau kan gue cie tau hehe
Oke cukup gajenya haha
Nah makannya kali ini gue bakal kasih tau fakta fakta apa aja si yang mungkin belum kalian tau. Cekidot :


1. Tau ga sih? Handphone paling laris di dunia adalah Nokia 1100. Kemunculannya itu pada tahun 2003. Karena disukai banyak orang dan harganya yang cukup murah, Handphone ini udah banyak kejual sekitar lebih dari 250 juta unit di dunia lho keren kan?





2. Ternyata dulunya nokia bukan perusahaan pembuat handphone, tapi perusahaan produsen kertas. Nokia berdiri pada tahun 1865 sebagai perusahaan produsen kertas, dan handphone pertama yang di keluarkan nokia itu sekitar tahun 1980an.





3. Handphone paling mahal di dunia adalah Stuart Hughes iPhone 4 Diamond Rose. Yang dijual dengan harga 70M. Wiih cuco kan 70M, iyaa M ber..  
Pantes aja mahal banget lah wong handphonenya pake 500 berlian trus totalnya 100 karat. Dibelakangnya, ada logo Apple yang dibentuk dari 53 berlian. Di dunia, handphone ini cuma dibikin dua unit, limited edition nih ayo siapa yang mau beli?





4. Apple menjual 340.000 iphone setiap hari pada tahun 2012. Meskipun harganya lumayan bikin dompet ciut, tapi gedget buatan perusahaan Steve Jobs ini tetep banyak peminatnya. Karena Iphone dianggap lebih aman dibanding android yang lain. Bahkan di jepang peminat iphone rela ngantri berjam jam demi bisa beli iphone. Duh ya ampuun kasian kan setia banget orang orang jepang ini.





5. Masih di jepang nih, 90% handphone di jepang di bikin supaya tahan air karna abg abg jepang ini suka banget pake handphone meskipun nyampe di kamer mandi.


6. Geser sedikit ke China nih, di negri kungfu panda ini pengguna internet lewat handphone lebih banyak dibanding lewat personal computer (PC). Karna di anggap lebih simple dan bisa di bawa kemana mana. Hmm pantesan banyak handphone produk china ya. 


7. Dari china pindah nih ke Filipina, ternyata Filipina adalah negara yang paling banyak pake layanan SMS. Seharinya negara ini bisa ngirim sebanyak 14 miliyar SMS. Wiih ternyata di Filipina pada smsan mulu ya cie. Dulunya SMS itu layanan yang gratis, tapi seiringnya zaman SMS pun mulai pake tarif. Sekarang perSMS adalah satu peso atau kalo di rupiahin ituu kira kira sekitar 225 rupiah. Coba kalo sampe sekarang masih gratis hehe 


8. Pindah lagi ke Inggris hehe disini 100 ribu handphone jatuh di toilet setiap tahunnya. Ih sayang banget kan. Makannya ati ati  buat kalian jangan suka bawa bawa handphone ke toilet. 


9. Handphone pertama yang di pake sama om James Bond 007 adalah Ericsson JB988. Handphone itu di lengkapi banyak fasilitas kaya scanner sidik jari, sistem keamanan  yang ada listrik bertegangan tinggi dan remote control plus video buat mobil BMW 750IL. Hmm kalo di liat dari zaman, handphone yang di pake om James bond ini lumayan canggih juga ya. 





10. Siemens SL45 adalah handphone pertama dengan memori tambahan dan support MP3 yang dikeluarkan pada tahun 2001. Handphone ini punya memori internal sebesar 32MB, MMC dan headphone stereo. Handphone ini bisa tahan selama 5 jam buat play musik. Biar greget musikan 5 jam sampe telinganya copot.





11. Telfon pertama kali di lakuin sama om Martin Cooper, penemu motorola. Om Cooper ini yang pertama kali punya ide buat bikin alat komunikasi yang simple dan bisa di bawa bawa. Pada tahun 1973 om Cooper and the geng berhasil bikin handphone seberat 2 kg. Duh haha berat banget om, nambah sekilo lagi sama tuh kaya LPG. 





12. Foto pertama yang berhasil di jepret adalah foto punya Philippe Kahn. Foto itu di ambil pada 11 Juni 1997. Bayangin gimana kakunya foto zaman old yang beda banget sama foto zaman now.


13. Tahun 1985, peneliti komunikasi Friedhelm mendefinisikan standar panjang dari SMS. Nah dulu ternyata ngetik sms ga bisa banyak banyak cuma bisa 128 karakter aja, jadi kalian ga bisa curhat panjang lebar di sms. Terus lama lama di tambah sekitar 32 karakter jadi bisa sampe 160 karakter. Batasan ini berlaku buat handphone jadul aja, beda lagi sama smartphone zaman now yang mungkin sekarang kalian bisa curhat panjang lebar di SMS sampe tangannya keriting.

14. Handphone paling tahan banting di dunia menurut Gunness World Record adalah Sonim XP3300 Force. Handphone Sonim XP3300 Force bisa tahan setelah dilempar dari ketinggian 25 meter di permukaan beton. Selain itu, handphone ini juga bisa tahan setelah dijatuhkan dalam air sampe kedalaman 2 meter. Ini cocok buat kalian yang hobinya banting banting handphone.






15. Para ilmuwan lagi bikin inovasi charger handphone dari air seni (urine). Tujuannya buat pemanfaatan bioenergi. Duh ada ada aja nih hehe agak gimana gitu ya.


16. Ternyata si handphone juga mengandung bakteri 18 kali lebih banyak dibanding toilet. Meskipun ga berefek langsung tapi kalian harus tetep hati hati ya, bersihin handphone kalian dan rajin rajin cuci tangan kalo abis pegang handphone.
  

17. Ati ati buat kalian yang sering pegang handphone apalagi yang suka ketiduran sampe pagi handphonenya ada di bawah bantal. Awas kena radiasi, soalnya radiasi handphone bisa bikin insomnia, sakit kepala dan kebingungan. Jangan sampe ketiduran dan handphone masih di kasur yaa inget! 


18. Nah ini nih penyakit, namanya Nomophobia yaitu ketakutan kalo hidup tanpa handphone, takut ilang sinyal, takut abis batre, ga bisa jauh dari handphone, pokoknya dikit dikit handphone dikit dikit handphone. Duh ngeri banget yaa, jangan sampe deh kalian kena penyakit nemophobia ini. Selain nantinya bikin banyak kena radiasi, hal ini juga ga baik buat mental kalian. 


Nah itu dia tadi beberapa fakta menarik seputar handphone.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ya ^-^ 


EmoticonEmoticon