Inilah TIPS Agar Batre SMARTPHONE Tetap Awet








 Yahoo !! ketemu lagi nih sama gue. Masih seputar smartphone yah cuma disini gue mau bahas anak yang di kandungnya alias batrenya. Hari gini siapa si yang ga punya batre, eh maksudnya smartphone. Karna kemaren udah ngomongin gimana cara jagain smartphone, sekarang giliran babynya nih yaitu si batre. 

Jangan mentang mentang sekarang udah ada si dady powerbank kalian bisa seenaknya ya ga peduli sama penghematan batre. Selain tau cara merawat si smartphone disini kalian juga mesti tau gimana si cara ngehemat batre supaya ga cepet abis. Pasti kesel kan pas lagi asik asiknya melewati banyak moment sama smartphone kesayangan kalian tiba tiba batrenya ngerengek minta di charger, apalagi pas seru serunya chatingan sama doi tiba tiba batrenya low. Noo!! Itu mimpi buruk. Yang ada nanti kalian jadi dilema, milih tetep chatingan sama doi sambil nempel powerbank dengan resiko bikin si momy handphone dan babynya jadi cepet rusak, atau biarin si batre isitirahat dan ninggalin chatan sama doi yang lagi seru serunya dengan resiko si doi ngambek tujuh hari tujuh malem. Nah lho migren kan?! Makannya disini gue berbaik hati buat cari solusi biar kalian tetep bisa chatingan sama doi tanpa puyeng mikirin si batre cepet low.

Oke langsung aja inilah beberapa tips biar batre kalian ga cepet abis :

1. Pas punya smartphone baru

Gue pernah denger di telinga kalo misalnya kalian punya smartphone baru alias baru beli nih, kalian harus charger dulu tu handphone dalam keadaan off sekitar 4 jam or sampe batrenya full.



2. Jangan dimaenin pas lagi di charger

Disamping untuk memaksimalkan pengisian batre, charger dalam keadaan off juga salah satu cara untuk menghindari si handphone biar ga di maenin pas lagi di charger. Apalagi sambil internetan atau ngebet banget mau chatingan sama doi. Karna selain bahaya buat smartphone, hal ini juga ngaruh buat si batre. kalo kalian tetep ngebet mau maenan pas lagi charger lama kelamaan si handphone bakal cepet rusak dan batre pun jadi cepet panas atau bahkan bisa bocor nantinya.



3. Usahain batre jangan sampe kosong

Nunggu batre sampe low aja harus di hindari apalagi sampe kosong, Noo!! Jangaan!! Itu hal yang ga boleh kalian lakuin sama si handphone. Di samping  ga baik buat si handphone hal ini juga ga baik buat si baby batre yang bikin cepet rusak. Gue saranin jangan sampe kalian charger nunggu 1%, itu mainstream banget. Kita maen aman aja di angka 20% or 30% buruan deh tuh charger si handphone demi kebaikan momy dan si baby batre yang di kandungnya.



4. Jangan charger kelamaan

Nah ini kadang kalian suka lupa pas lagi charger ketiduran sampe pagi, hayo ngaku!!
Hal ini harus kalian hindari lho ga boleh sering sering kaya gini, nanti si baby batre jadi kembung dan masuk angin kan brabe. Meskipun harus buru buru charger pas si handphone udah ngasih kode low, tapi disini kalian jangan sampe keseringan charger kelamaan, standar charger handphone itu 2 sampe 3 jam aja paling lama. Oke mulai sekarang jangan ketiduran sampe pagi lagi ya!



5. Jangan charger kalo handphonenya masih panas

Misalnya kalian baru selesai ngabisin banyak moment nih sama si handphone sampe si handphone demam, nah kalian jangan langsung charger tuh bahaya. Mending kalian diemin dulu handphonenya beberapa menit baru deh di charger. 





6. Hindari suhu ekstrim

Batre handphone kalian ga akan bekerja secara optimal kalo ada di suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin. Jadi usahain tetep di suhu ruangan ya! Selain aman buat si handphone, ini juga aman banget buat si batre supaya ga cepet kekuras.
Ingeet jangan naro handphone di kulkas atau di kompor lagi yaa!! Tobat!!



7. Usahain kontras layar tetep rendah

Bagian layar adalah komponen smartphone yang paling banyak menyedot penggunaan batre. Jadi mending kalian gunain kontras rendah aja deh supaya irit batre. Disamping buat penghematan batre, dengan menggunakan kontras rendah juga ngaruh buat kesehatan mata kalian supaya ga sakit or silau nantinya.



8. Matiin koneksi GPS, bluetooth, dan wifi
 
Tiga soulmate ini adalah fitur yang selalu cari cari sinyal kalo terus dalam keadaan on, pasti ngaruh banget buat si batre jadi cepet abis. Gue pernah ngalamin pas pulang ngantor tapi wifi masih on, eh pas nyampe rumah batrenya jadi menciut yang tadinya 50% jadi 30%. Nah ini pelajaran buat kalian, kalo udah ga di gunain lagi jangan lupa matiin supaya irit batre.





9. Pilih wifi daripada paket data
 
Kenapa gue saranin mending pake wifi dari pada paket data? Karna si wifi lebih irit batre daripada paket data. Tapi kalo ga ada wifi yaa gausah ngedadak pasang wifi juga lahh, mau gak mau harus pake paket data, tapi kalo paket datanya udah ga di pake mending di matiin aja supaya batrenya tetep awet. oke?! Oke deh





10. Matiin aplikasi yang udah ga di pake

Kalo kalian abis pake aplikasi jangan lupa di close yah soalnya selain bikin sang momy handphone lemot juga bikin si baby batre cepet abis.





11. Kunci handphone

Nah kalo kalian udah selesai berurusan sama si handphone jangan lupa di lock atau di kunci. Jadi kalo ada makhluk makhluk usil yang tok tok tok assalamualaikum buka buka handphone kalian ga akan bisa masuk soalnya kan udah di kunci. Selain berguna buat matiin layar, lock juga bikin sistem handphone dalam keadaan sleep jadi lebih irit batre deh.





12. Jangan keseringan pake powerbank


Nah ini nih jalan pintas yang banyak di pilih orang buat nyelametin batre handphonenya kalo udah sekarat. Kalo masih ada stop kontak kenapa ngga?! karna kalo keseringan ngandelin powerbank, si baby batre bakal cepet panas. Meskipun powerbank ini sangat membantu dalam keadaan darurat, kalo masih ada stop kontak mending pilih stop kontak, si powerbank di jadiin penyelamat buat keadaan darurat aja, kaya lagi di perjalanan kaya musafr musafir gitu, ga mungkin dong bawa bawa stop kontak. Nah disitulah si powerbank jadi hero.





Nah itu tadi beberapa saran dari gue tentang cara agar batre SMARTPHONE tetap awet, semoga bermanfaat yah ^_^







EmoticonEmoticon