Ini Dia FAKTA Menarik Seputar NOKIA

Ini Dia FAKTA Menarik Seputar NOKIA

Siapa sih yang gak kenal nokia? Merek yang udah gak asing lagi kan? Pasti kalian anak 90an ada yang pernah make deh, yakan? Handphone yang hitz pada jamannya ini ternyata punya beberapa fakta menarik yang belum kalian tau lho. Mau tau apa aja? Yuk simak!

Merek Nokia berasal dari Finlandia bukan Indonesia 
Gue juga pernah ngira kalo merek yang satu ini adalah made in Indonesia, karna waktu dulu hitz banget di Indonesia, tapi ternyata bukan cuma hitz di Indonesia aja hehe karna ternyata Nokia ini vendor asal Finlandia. Kalo kalian mau liat smartphone smartphone buatan indonesia bisa klik smartphone yang ternyata buatan indonesia.

Nama Nokia berasal dari nama sungai di Finlandia
Terbentuknya nama Nokia pertama kali terinspirasi dari nama sungai di Finlandia yaitu Nokianvirta. Kata Nokia punya arti Jelaga, yaitu sebuah butiran-butiran arang yang halus. Selain itu, nama Nokia juga dipake buat nama salah satu kota di Finlandia.

Pionir telepon seluler
Jaringan GSM komersial pertama kali diperkenalkan pada tahun 1991 di Helsinki, Finlandia. Lalu di pake sama Harri Holkeri yang waktu itu menjabat jadi Perdana Menteri Finlandia dan tentu aja pake ponsel merek Nokia.

Nokia dulunya adalah perusahaan kertas
Didirikan pada tahun 1865 di Tampere, Finlandia sama insinyur pertambangan Fredrik Idestam, ternyata Nokia dulu awalnya bukan perusahaan ponsel tapi perusahaan kertas. Dan akhirnya tahun 1967, Nokia mulai terjun ke bisnis ponsel sampe sekarang.

Dikenal sebagai manufaktur kamera digital terbesar di dunia
Kalo kita liat hampir semuanya pake modul kamera. Dan tau gak sih kalo kamera yang ada di ponsel Nokia udah dipake lebih dari dari 4 milyar orang orang di seluruh dunia. Dari tahun 2008, Nokia berhasil jadi manufaktur kamera digital paling besar di dunia.

Produsen ponsel paling laris sepanjang sejarah
Pada tahun 2005, Nokia dinobatkan sebagai produsen ponsel paling laris sepanjang sejarah. Prestasi itu dicapai karna seri ponsel Nokia 1110 berhasil terjual sebanyak 250 juta unit di seluruh dunia, disusul seri Nokia 1200 dan Nokia 3210 yang terjual sebanyak 150 juta unit dan Nokia 3310 yang terjual sebanyak 136 juta unit. Ini jadi bukti betapa jayanya Nokia dulu.

Nokia salah satu perusahaan paling dikagumi di dunia
Nokia masuk ke jajaran 20 perusahaan yang paling dikagumi di seluruh dunia di Fortune List 2006 (pertama untuk perusahaan komunikasi, keempat untuk perusahaan non-US).

Nokia memiliki julukan sang legenda
Nokia ini dari dulu rajin banget bikin macem macem seri ponsel yang unik dan terkenal sama batrenya yang awet, jadi udah jelas kalo Nokia punya julukan Legend, karna sempet jadi raja di industri ponsel dengan bukti banyaknya seri Nokia yang laris manis di pasaran.
Selain Nokia yang dulu hitz di jamannya, dulu juga banyak lho merek merek handphone yang juga hitz dijamannya, coba deh klik handphone jadul yang bikin kalian flashback.

Nokia punya nada dering yang khas
Pasti yang pernah make Nokia tau deh hehe. Sebenarnya, nada deringnya berasal dari lagu Gran Vals yang dibawakan oleh musisi asal Spanyol Francisco Tarrega. Dan pada tahun 1998 nada dering dari Gran Vals itu resmi diganti namanya jadi “Nokia Tune” biar para penggunanya gak susah buat nginget namanya. 

Nokia jarang atau mungkin gak pernah rilisin serinya yang punya angka 4
Pernah denger seri Nokia yang ada angka 4 nya? jarang kan? atau mungkin gak pernah denger? ini karena dibeberapa wilayah Asia angka 4 di anggep sebagai angka sial.

Tulisan Nokia corporate (typeface) adalah agfamonotype Nokia sans font 
Ngeh ngga si kalian kalo tampilan tulisan di layarnya punya font yang khas, nah itu yang didisain sama AgfaMonotype Nokia Sans font. Dan kebanyakan panduan pemakean ponsel Nokia pake Agfa Rotis Sans font.

Nokia kadang-kadang dipanggil aikon (Nokia dibaca kebalik)
Hehe kaya yang iseng ya gitu balik balikin nama, tapi emang bukan iseng iseng lho Nokia ini kadang di panggil Aikon sama pengembang mobile software dan sama kebanyakan orang yang gak pake Nokia. Karena aikon suka di pake buat bungkus mobile software SDK, termasuk Nokia s Symbian S60 SDK.

Nokia beda sama merek ponsel lainnya
Selain punya nada dering khas yang unik, Nokia juga punya perbedaan lain yaitu “tidak secara otomatis memulai call timer saat dihubungkan” tapi pas udah nyambung call timer baru di mulai.

Nokia mulai bangkit dan banyak produksi smartphone
Setelah namanya gak kedengeran lagi sekarang Nokia muncul lagi dengan nawarin smartphone smartphone barunya yang juga gak kalah saing. Contohnya kemaren Nokia baru aja rilis salah smartphone seri barunya yaitu Nokia 3 yang langsung banyak peminatnya.

Nah gimana? Unik unik kan? Mulai pengambilan nama yang aneh dari sungai sampe nada deringnya yang khas. Selain fakta tentang Nokia, kalian juga bisa temuin fakta fakta lainnya lhi, kaya fakta seputar handphone atau bahkan fakta seputar selfie.

Oke deh cukup sampe sini dulu ya infonya, jangan lupa share ke Nokia lovers lainnya ya! ^-^


EmoticonEmoticon