Ini Caranya Agar SMARTPHONE Kalian Ga LEMOT Lagi




 Hy kalian para pengabdi smartphone!! Setelah kemaren bahas beberapa fakta unik tentang doi, nah sekarang gue mau tanya nih pasti kalian sering dong yang namanya ngalamin smartphone lemot, apalagi kalo smartphonenya udah punya umur alias udah tuir. Ini bisa jadi karna handphonenya  yang murah atau masih pake OS android yang rendah, atau RAM yang sempit. Misalnya lagi buka aplikasi trus lemot, atau tiba tiba close sendiri bahkan error, pasti kesel kan?

Nah itu, apa? Apa coba? Ya itu.. iya apa?.. disini gue punya solusinya nih gimana nanganin si doi yang udah mulai lemot lemot gitu tanpa harus ke tukang service, apalagi bagi kalian yang ga punya budget buat nyervice, or males ke tukang servicenya karna nanti ketemu mantan, or yang mager mager gitu. Dengan cara ini kalian ga perlu keluar rumah atau keluarin budget banyak deh di jamin kalian bisa sendiri.

Oke yang pertama nih

1. Pasang memory card


Dengan masang kartu memori ini bisa ngurangin lemot smartphone kalian gengs, karna kartu memori bisa nambah ruang buat smartphone. Jadi bisa ngurangin beban RAM dan loading jadi makin cepet deh.





2. Kosongkan memori internal supaya ga penuh


Pas kalian install aplikasi di android otomatis bakal langsung masuk ke memory internal. Nah makannya fungsi dari masang memory card tadi supaya memory internal kalian ga terlalu penuh dan sesek. Jadi kalian harus pindahin data dari memory internal ke eksternal supaya ga lemot nantinya.





3. Jangan kebanyakan buka aplikasi secara bersamaan


Aplikasi yang dijalankan secara bersamaan ini yang juga bikin si handphone lemot karna keberatan.
kadang kalian suka lupa internetan sambil musikan dan smsan chatingan sama doi, nah

jangan dibiasain tuh kaya gitu nanti bikin handphonenya cepet lemot.





4. Tutup aplikasi yang ga kepake


Kalian pasti juga sering kan buka aplikasi dan lupa buat close, nah itu juga faktor yang bikin si handphone lemot kalo keseringan. Jadii kalo kalian abis buka aplikasi trus udah ga di pake lagi jangan lupa di close ya!





 


5. Batasi jumlah sms yang di simpen


Nah ini nih meskipun di dalemnya cuma chat dari operator, banyak dari kalian yang males buat ngehapusnya. Padahal ini perlu lho supaya ruang penyimpanan ga terlalu penuh sama sms operator, karna ini makan banyak memory handphone kalian. Mulai sekarang jangan sepelein hal ini, kalo smsnya udah ga perlu jangan lupa di hapus ya!







6. Rutin hapus cache di memori internal


Cache tuh apa si cache? Cache ya bukan caching. Nah cache otu penyimpanan memory sementara yang ada di android. Cache bakal makin numpuk seiring banyaknya jumlah aplikasi yang kalian pake. Nah makannya sering bersihin si cache ini supaya handphone kalian ga cepet lemot.


7. Jangan gunakan auto brightness


Fitur auto brightness ini yaitu fitur buat nyesuaiin cahaya yang di terima handphone kalian. Nah ini juga salah satu faktor yang bikin lemot, selain bikin lemot hal ini juga bikin batrenya cepet abis.


8. Jangan pake auto rotate kalo ga perlu


Fitur ini biasanya suka kalian pake kan? Buat ngatur layar sesuai keinginan. Kalo misalnya jarang di pake mending di nonaktifin aja, supaya ngebantu kinerja handphone kalian jadi makin cepet dan ngehindari yang namanya lemot.


9. Jangan pake launcher lain


Kalian pasti suka bosen kan dengan tampilan ori dari handphone kalian terus kalian download launcher lain, lucu si bagus tapi itu juga yang bikin si handphone lemot.


10. Kurangin animasi yang ada di handphone


Kalian ada yang suka pake animasi ? atau pake wallpaper yang jalan? Nah ini juga salah satu yang bikin lemot, jadi sebaiknya kurangin animasinya, kalo perlu offin aja. Karna selain ngaruh buat kinerja handphone jugan ngaruh ke penggunaan batre yang cepet abis nantinya.





11. Restart


Nah ini nih cara yang paling itu itu dengan merestart handphone. Kalo kalian udah frustasi sama si handphone, ini itu jalan pintasnya yaitu dengan merestart handphone. Tekan lama tombol restart sampe handphonenya mati trus idupin lagi deh, kaya mati suri gitu ya haha serem. Selesai deh handphone kalian ga bakal lemot lagi. Gue si biasanya kalo mau tidur restart dulu handphonenya trus di off sampe gue bangun tidur, jadi gue tidur bareng handphone yang off kan aman. Nah boleh ditiru tuh cara gue hehe.

 

12. Factory Reset


Ini adalah cara terakhir kalo cara cara sebelumnya ga mempan juga yaitu reset ulang ke settingan pabrik, agak lama si nunggunya, tapi dengan cara ini bikin handphone kalian kaya baru lagi dan ga lemot pastinya.


Nah itulah tadi beberapa tips biar kalian ga rempong sama handphone yang lemot. Selamat mencoba dan jangan lupa share ya, semoga bermanfaat ^_^


EmoticonEmoticon