Ini Dia 11 TIPS Cara Merawat LAPTOP




  Yoo!! Balik lagi masih di blog ini sama gue. Kalo kemaren bahas tentang smartphone nah sekarang gue mah bahas kakaknya, apa coba? Yap laptop.
Mungkin sekarang ini banyak kalian yang bertanya-tanya tentang gimana cara ngerawat laptop dengan baik. Sama kaya barang lainnya, laptop yang kalian punya juga wajib dijaga dan dirawat supaya ga lemot dan cepet rusak. Apalagi kalo laptopnya laptop kesayangan, jadi harus bener bener di jaga baik baik.
Nah makannya disini gue mau berbagi nih tentang gimana si cara ngerawat laptop yang baik.
Oke cuss!!


1. Pake laptop sesuai jenisnya
Ada banyak jenis laptop, ada laptop yang standar, ada yang khusus buat kerja dan bahkan khusus buat gaming. Pastinya rancangannya beda beda buat masing masing jenisnya. Buat kalian yang seneng ngegame, jangan pake laptop yang jenis standar, karna itu bikin hardware berat dan laptop cepet rusak nantinya. Jadi kalo kalian mau pilih buat  ngegame kalian harus pilih laptop jenis gaming yang emang di rancang khusus buat gaming.



2. Selalu gunain sistem operasi (os) ori


Kalo kalian baru beli laptop pastiin sistem operasi yang di pake itu versi ori alias bukan bajakan. Atau kalau kalian udah terlanjur nginstal sistem operasi bajakan di laptop, bisa langsung ganti pake versi ori. Kenapa? Karna dengan pake sistem ori, kalian ga perlu khawatir sama file-file yang bahaya atau bug yang ngeganggu. Selain itu, dengan pake sistem operasi ori, jadi kalian akan selalu dapet update terbaru dari sang penyedia sistem operasi. Adanya update tersebut biasanya bermaksud buat memperbaiki bug atau nambal celah-celah keamanan yang kebuka yang bisa dimanfaatin oleh virus atau orang-orang yang ga bertanggung jawab. Kalo kalian pakenya os bajakan, nanti bisa kerepotan pas mau update os ke versi baru.














3. Hapus program yang ga perlu 
Program atau software emang penting banget buat laptop atau komputer. Tapi kalian harus pinter pinter memilih program-program mana aja yang penting, jangan sampe program itu udah ada di laptop, tapi ga pernah pake. Apalagi ukuran programnya gede dan bikin penuh memori. Nah makannya kalian harus filter mana program yang perlu dan ngga, kalo ga terlalu penting mending di uninstall aja. Soalnya kalo memorinya penuh nanti kinerja si laptop jadi berat dan akhirnya lemot.














4. Manfaatin cooling pad
Nah buat meminimalisir udara panas yang ada di laptop, kalian bisa manfaatin alat pendingin laptop atau biasa disebut cooling pad. Kalo suhu laptop tetep terjaga bikin si laptop jadi awet kan? Sekarang ini banyak pilihannya ko mulai dari puluhan ribu sampe ratusan ribu, tinggal pilih aja.



5. Matiian laptop pake cara yang bener
Cara kalian matiin laptop gimana? langsung teken tombol power? Noo!! Itu cara yang salah. Karna dengan langsung teken tombol power pas matiin laptop, bikin sistem dan hardware jadi berhenti ngedadak, itu bikin registry komputer bakal error, dan hardware-hardware yang lain kaya prosesor, hardisk dan memori bakal cepet rusak. Cara yang bener matiin laptop itu masuk ke start > shutdown/turn off


6. Rutin disk cleanup dan defragment
Kalian harus rutin ngelakuin ini, karna
semakin banyak file yang ada di laptop kalian semakin besar juga kemungkinan adanya file yang ga kepake dan numpuk di sistem yang bikin tumpang tindih data. Solusinya, kalian bisa pake disk cleanup buat bersihin data-data supaya kapasitas ruang penyimpanan jadi lebih banyak. Caranya kalian cuma tinggal pilih partisi hardisk yang mau di bersihin dengan cara klik kanan > properties. Di menu general kalian tinggal klik disk cleanup. Atau bisa juga kalian klik start, terus ketik disk cleanup di kolom pencarian dan pilih disk cleanup. Sedangkan disk defragment fungsinya buat ngejaga performa laptop atau komputer terutama hardisknya dengan cara nyusun ulang file-file di sistem dan memperbaiki bad sector .Cara disk defragment ini dengan milih dulu partisi yang mau di defrag, terus klik kanan > properties > tools. Pada bagian defragmentation pilih defragment now. Cara ini bisa kalian lakuin misalnya 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Di jamin si laptop ga bakal lemot deh tuh.






7. Rutin bersihin junk file
Junk file atau file sampah juga jadi salah satu yang ngeganggu performa laptop atau komputer dan seringkali bikin laptop jadi lemot. Penyebab adanya junk file biasanya karna adanya program-program yang kalian pake di laptop kalian, dan ninggalin bekas yang namanya junk file. Semakin banyak dan semakin lama kalian gak bersihin, nantinya bakal bikin si laptop jadi lemot.
Nah supaya laptop kalian ga lemot coba masuk ke run > ketik %temp% > hapus file-file yang ada disitu.






8. Rajin bersihin layar


Makin lama umur laptop, biasanya makin kotor juga layar laptop apalagi kalo kalian jarang bershinnya. Buat nanganinnya, kalin bisa gunain cairan pembersih layar yang banyak dijual di pasaran. Jangan lupa juga pake kain lembut pas lagi bersihinnya. Selain itu, kalian juga bisa pakein si layar lapisan antigores supaya terlindung dari goresan kecil dan ganti kalo antigoresnya udah burem.


9. Rajin bersihin keyboard
 
Keyboard biasanya jadi bagian yang seing kena debu. Banyaknya debu yang nempel di sela-sela keyboard atau dibagian bawah keyboard ini yang bikin responsifitas keyboard jadi keganggu. Kalian bisa bersihinnya pake kuas kecil yang lembut, blower, dan juga vacuum cleaner buat bersihin debu yang ada di sela-sela keyboard.



10. Jangan maenin laptop di kasur

Laptop emang praktis, jadi bisa di pake dimana aja. Tapi buat hal yang satu ini sangat tidak di anjurkan karna itu bikin aliran udaranya jadi macet. Padahal, salah satu kunci yang bikin laptop awet itu suhunya yang tetep stabil dan aliran udaranya lancar. Buat ngakalin kalo kalian tetep mau maen laptop di atas kasur itu harus di kasih alas yang datar supaya laptopnya ga langsung nempel ke kasur.



11. Rajin scan antivirus
Adanya virus di laptop otomatis jadi bikin kinerja laptop jadi lemot, dan bukan ngga mungkin bakal ngerusak atau ngilangin data data penting yang ada. Nah makannya sering-seringlah kalian men-scan laptop pake antivirus dan jangan lupa juga update secara rutin antivirus supaya lebih ampuh melibas virus-virus.



Nah itulah tadi beberapa tips dari gue. Mulai sekarang jangan males bersihkan laptop kalian ya!
Selamat mencoba ^-^
  











EmoticonEmoticon