12 SMARTPHONE Yang Ternyata Buatan Indonesia

12 SMARTPHONE Yang Ternyata Buatan Indonesia
Mungkin selama ini kalian biasa pake smartphone yang made in luar, bukan made in Indonesia. Tapi jangan salah ternyata Indonesia juga punya lho beberapa merek smartphone yang gak kalah kualitasnya sama produk produk luar, bahkan ada juga yang sampe terkenal keluar negeri. Apa aja ya? Yuk simak..!

1. Smartfren
Smartfren ini adalah salah satu vendor asal Indonesia yang lebih dikenal sebagai perusahaan yang memproduksi provider internet 4G LTE yang nawarin internet biar makin lancar dan cepet. Gak cuma itu, smartfren juga ikut produksi produk smartphone buat ngedukung providernya.
Smartphone buatan Smartfren ini gak kalah kualitasnya sama brand-brand ternama lho, bahkan salah satu seri Smartfren yaitu Smartfren Andromax V3S berhasil jadi salah satu produk yang laris di pasaran. 

2. Advan
Merek selanjutnya yaitu Advan, si Advan ini sering di kira smartphone buatan luar, tapi ternyata Advan ini asli made in Indonesia lho tepatnya perusahaan elektronik yang berpusat di Jakarta dan udah berdiri beberapa tahun lalu.
Salah satu produk smartphone dari Advan yang laris manis di pasar global adalah seri Advan i5A Glass Gold. Smartphone canggih ini di dukung sama desain yang elegan dan alhasil banyak peminatnya, eits gak cuma di dalem negeri aja, Advan ini juga di minati sama luar Indoneisa lho.

3. Mito
Mito ini vendor yang cukup punya nama di pasaran dengan menghadirkan produk produk yang gak kalah bagus dan berkelas tapi dengan bandrol yang cukup murah.
Di antara produk produk smartphone dari Mito, seri Mito Fantasy Selfie 2 A18 adalah yang paling sukses di pasaran.

4. Evercross
Evercross juga salah satu merek yang cukup punya nama di Indonesia. Sebelumnya, Evercross lebih dikenal dengan nama Cross Mobile yang didirikan di Jakarta pada tahun 2008.
Brand lokal ini memproduksi macam macam smartphone buat semua kalangan pengguna. Kebanyakan produk Evercross dibanderol dengan harga yang cukup murah jadi bikin peminatnya gak sedikit.  

5. Nexian
Mungkin dulu diantara kalian pernah ada yang pake nexian? nexian ini dulu hitz banget di jamannya kira kira tahun 2010an. Dulu waktu smp juga gue pernah punya hehe.
Nexian ini merupakan produk handphone yang cukup terkenal dan berhasil dinobatkan sebagai The Most Favorite Local Brand. Produknya yang paling terkenal adalah NexianBerry. Meskipun namanya mirip sama blackberry, tapi cara ini ampuh buat bikin namanya viral di pasaran.

6. Polytron
Merek smartphone made in Indonesia selanjutnya adalah Polytron. Pasti kalo denger polytron kalian langsung nyambung ke elektronik kaya Tv dan mesin cuci ya? yakan? Emang sih sebelum memproduksi smartphone, brand ini lebih dulu memproduksi banyak produk elektronik kaya AC, Tv, kipas angin dan lainnya. Tapi gak cuma itu aja, abis itu polytron juga ngeluarin produk smartphone yang gak kalah saing. Banyak yang ngira kalo Polytron ini produsen dari Jepang, faktanya, Polytron udah berdiri sejak tahun 1975 di Kudus, Indonesia.

7. Himax
Mungkin banyak yang ngira kalo Himax ini made in Jepang atau made in China, tapi kalian harus tau kalo Himax ini vendor asli Indonesia, yaa meskipun pemilik aslinya orang Jepang si. Perusahaan ini belum lama berdiri yaitu sekitar 5 tahun lalu, meskipun baru Himax ini udah nawarin smartphone dengan fitur fitur canggih yang gak kalah saing juga, dan seri yang peling terkenalnya yaitu seri Himax Polymer X. 

8. Axioo
Axioo? kalian pernah denger ini dimana? di laptop pernah kan ya? nah gak cuma disitu, Axioo juga punya produk smartphonenya lho. Salah satu seri yang banyak laris di pasaran yaitu seri Axioo Venge 2 yang juga gak kalah sama smartphone lainnya, Axioo ini cocok buat yang suka foto foto karna punya kamera depan 5MP dan kamera belakangnya 13+2 MP lengkap sama fitur autofocus dan LED flash.

9. Vitell
Mungkin vitell ini salah satu brand yang jarang kalian denger, tapi mungkin anak anak zaman old ada yang pernah make? Keluar november 2007, Vitell ini pake mode dual sim yaitu GSM dan CDMA. Ponsel ini pake batre yang punya standar Nokia Lithium Ion BL-4C kapasitas 650 mAh. Bahkan, port buat charger dan konektornya mirip sama nokia yang tahan lama, jadi bisa tahan sampe 2 hari.

10. SPC
Mungkin merek android yang satu ini belum terlalu asing ditelinga kalian, SPC ini juga termasuk salah satu made in Indonesia lho. Salah satu merek yang laris di pasaran yaitu SPC L50 Volt. SPC L50 Volt ini punya layar 5 inci, HP dengan ROM yang punya kapasitas 16GB dan RAM sebesar 2GB, batrenya punya kapasitas 2450 mAh, dan juga di dukung OS Android 6.0 (Marshmallow) dengan koneksivitas 4G LTE.

Meski dijual dengan harga yang murah, android buatan produk lokal ini punya produk  yang cukup baik. Bahannya pake chipset Mediatek MT6735 dan prosesor Quad-core 1.3 GHz dan pengolah grafis jenis Mali-T720MP. Spesifikasinya tadi udah pasti cocok buat game. Gimana sama kameranya? Tenang, disini SPC L50 Volt punya sektor pemotretan yang cukup baik, kamera belakangnya punya resolusi 8 MP dan kamera depan 5 MP.

11. IMO
IMO? pernah denger juga kan merek ini? Atau diantara kalian juga dulu pernah ada yang make? IMO ini adalah merk smartphone asli buatan PT Industri Telekomunikasi Indonesia (INTI). IMO ini punya tampilan yang khas, dan juga fitur fiturnya gak kalah menatik dari merek lainnya.

12. Zyrex
Nama Zyrex emang udah gak asing lagi buat pengguna komputer atau anak warnet hehe, Brand lokal yang udah berdiri sejak tahun 1996 ini gak cuma produksi komputer doang, tapi juga produk smartphone yang belakangan mulai viral di pasaran.
Produk-produk smartphone buatan Zyrex juga rata rata memiliki spesifikasi yang mumpuni dan dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Setelah tadi sedikit ngomongin komputer coba deh baca pemeliharaan komputer atau laptop atau mau laptop gaming murah atau bahkan tips sebelum membeli PC.

Nah gimana? udah tau kan smartphone mana aja yang made in Indonesia?
So cintai produk produk dalam negeri ya!
Jangan lupa share ^-^


EmoticonEmoticon