Pemeliharaan SMARTPHONE Agar Awet Dan Tahan Lama




 Meskipun handphone adalah barang elektronik tapi handphone juga perlu lho dapet perawatan layaknya hewan peliharaan. Tapi bukannya di kasih makan dan di mandiin lho ya!

Maksud di pelihara disini yaitu di jaga dengan baik, anggep aja itu hewan peliharaan kita or bisa juga di anggep sahabat atau bahkan yang antimainstream nih di anggep sebagai belahan jiwa.
Apalagi kalo beli handphonenya pake uang sendiri, uhh pasti di jaganya pake extra bin maksimal yakan.
Ohya karna si handphone ini udah kita anggep sebagai pet or peliharaan, pasti kalian punya panggilan khusus dong buat si doi. Kalo gue sih punya panggilan khususon buat si doi, karna handphone gue xia*mi jadi gue panggil doi mimi (semoga aja handphonenya cewe biar ga ngambek kalo di panggil mimi )

Gue kasih referensi nih misalnya kalian punya handphone merek samsu*g, kalian bisa manggil doi samsul or sam juga boleh deh terserah kalian, atau boleh juga kasih nama yang ngga ada sangkut pautnya sama tuh handphone, misalnya pake nama mantan *eh
Oke itu tadi curhatan dan saran yang ga penting, oke cukup
Lanjut..

Seiring berkembangnya teknolog si handphone ini ternyata udah jadi barang premier lho, sekarang anak SD aja udah pada punya handphone kan, apalagi bagi abg zaman now yang kehidupannya ga bisa lepas dari handphone, dikit dikit handphone dikit dikit handphone, bangun tidur handphone sampe ke mau tidur juga handphone.

Nah makannya disini gue mau sharing tentang gimana cara ngejaga si handphone biar panjang umur alias awet, biar kalian bisa lama lama sama si doi ngelewatin banyak moment, gak mau dong pas kalian lagi sayang sayangnya tiba tiba di tinggal mati sama doi.
Oke langsung aja..


1. Jangan kebanyakan aplikasi
Nah ini nih yang bikin si handphone jadi lemot, sebaiknya kalian install aplikasi yang seperlunya aja jangan kebanyakan install aplikasi ya ng ga penting deh tuh kasian si doi  harus menanggung banyak beban kehidupan.


2. Jangan keseringan di ajak ngegame

Bagi kalian para gamer nih gue saranin jangan keseringan deh ngegame di hanphone, soalnya kan kasian tuh si doi cuma makhluk lemah tak berdaya. Jadi harus bener bener di jaga kesehatannya, soalnya ini juga ngaruh banget buat si doi jadi lemot. Boleh si di ajak ngegame tapi inget jangan keseringan. Kalo mau ngegame mending di PC aja. Kecuali kalo kalian tipe yang ga setia, ajak doi ngegame sampe mampus, rusak ganti rusak ganti gitu yaa kalo itu si terserah lah yaa.



3. Jangan nunggu batre low 

Kalian harus peka dong, kalo si handphone udah panas alias demam, mending udah deh tuh simpen handphonenya langsung charger. Jangan di biasain nunggu low sampe 20% apalagi sampe 1% beuh itu mainstream banget kayanya. Buat jaga jaga kalo udah 30% mending kalian relain doi buat istirahat. Karna kalo keseringan sampe low bisa bikin batre si doi bocor. Soalnya gue pribadi pernah ngalamin sebelum punya mimi,  merek a*van sebut aja vavan, dulu gue banyak banget ngelewatin moment sama doi,  gue jadi posesif dan ga peduli sampe si doi low baru gue charger, lama lama doi sakit sakitan, batre bocor segala macem dan akhirnya doi udah ga ada harapan hidup alias wafat. Nah supaya kalian dan doi ga berakhir sad ending kaya gue, mending kalian tobat dan jangan posesif lagi, jangan nunggu batre low inget!



4. Jangan kelamaan di charger

Ohya gue pernah denger kalo handphone di charger itu sebaiknya dalam keadaan off deh soalnya itu lebih maximal buat pengisian batre. Tapi, inget jangan kelamaan karna itu bisa bikin batre si doi kembung, gak mau kan si doi ngambek gara gara di bilang gemukan.


  
5. Jangan di maenin pas lagi di charger

Ini masih nyambung sama poin sebelumnya, disamping untuk memaksimalkan pengisian batre, charger dalam keadaan off juga salah satu cara untuk menghindari si handphone biar ga di maenin pas lagi di charger. Apalagi sambil internetan atau ngebet banget mau chatingan sama doi. Mulai sekarang mending cari aman aja, karna selain bahaya buat si handphone yang nantinya cepet rusak bahaya juga buat kalian karna kondisi hanphone lagi di charger, takutnya kalian kena samber listrik. Kecuali dalam keadaan darurat deh yaa itupun sesekali.



6. Jangan keseringan di pake

Oke gue ngerti, doi adalah belahan jiwa kalian jadi selalu pengen bareng. Tapi pliiss doi juga butuh waktu buat sendiri, doi butuh waktu buat istirahat.  Jangan posesif lahh.. karna ini juga termasuk faktor yang mendekin umur si doi, gak mau kan kalian?



7. Bersihin pake tisu

Kalian juga harus perhatian sama si doi, sesekali elapin doi pake tisu biar kulitnya terjaga dari debu dan sinar matahari atau bakteri lainnya. Sebaiknya kalian bersihin dalam keadaan doi off ya biar doi ga berontak. Simple aja kalian tinggal bersihin casing dan layarnya aja pelan pelan. Fungsinya ya itu tadi supaya bersih dari debu biar ga cepet rusak.





8. Pakein protektor

Pakein doi flip or soft dan hardcase. Bukan cuma buat kekinian atau ikutan trendy, protektor ini juga bermanfaat banget buat si doi supaya ga lecet lecet dan terlindung dari godaan jin yang terkutuk, selain itu juga berfungsi supaya doi jadi keliaan lebih oke yakan.



9. Simpen di tempat yang sesuai

Ini yang terakhir, jangan simpen doi di sembarangan tempat. Pasti kalian tau sendiri lah dimana tempat buat si doi, yap bener banget di hati!!
Jangan sampe deh tu handphone di simpen di kulkas atau kompor.
Pasti kalian tau kan di mana tempat tempat yang sensitif buat doi, jangan simpen doi di tempat lembab atau panas, karna itu ga baik buat si doi yang sejatinya doi adalah barang elektronik. 


Nah itu tadi sedikit informasi tentang gimana cara ngejaga handphone kalian biar awet.
Inget jaga handphone atau barang kesayangan kalian baik baik supaya ga nyesel nantinya.

Semoga bermanfaat ^_^


EmoticonEmoticon